Cara Merawat Lantai Epoxy
Tips & Trick

5 Tips Cara Merawat Lantai Epoxy

Cara Merawat Lantai Epoxy – Bagaimana sih cara merawat lantai yang telah di aplikasikan dengan epoxy lantai? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah menjadi pertanyaan bagi Anda para pengguna epoxy lantai. YUk simak penjelasan kami berikut ini. Kebersihan lantai epoxy adalah hal penting yang harus diketahui dan diterapkan sang pemilik. Menjaga fasilitas sama baiknya seperti membeli baru, jadi sang pemilik wajib menjaga dan melakukan perawatan demi menjaga kenyamanan dan keawetan lantai epoxynya. Sangat disayangkan jika fasilitas seperti epoxy lantai yang dimiliki cepat rusak.

Lakuka Hal Dibawah Ini Cara Merawat Lantai Epoxy

Meskipun kita semua tahu bahwa lantai epoxy memiliki ketahan dan ke awetan yang baik karena kandungannya yang memberikan kekuatan pada lantai, namun merawatnya juga harus dijaga karena tidak satu pun fasilitas terjamin awet tanpa perawatan yang benar. Bahkan lantai beton tanpa lapisan epoxy pun jika tidak dirawat dengan baik akan memberikan ketidaknyamanan bagi penggunanya. Oleh sebab itu kita wajib menjaga dan merawat lantao epoxy dengan baik. Berikut ini cara merawat lantai epoxy tersebut.

1. Bersihkan Lantai Epoxy Secara Rutin

Cara merawat lantai epoxy sebenernya gampang sekali. Seperti pada umumnya saja, kita gunakan alat – alat kebersihhan yang ada. Seperti sapu untuk menyapu debu yang ada di atasnya. Kemudian kita gunakan alat pel untuk membersihkan debu yang membandel di atas.

Bersihkan Lantai Secara Rutin
Bersihkan Lantai Secara Rutin

Anda bisa menggunakan alat – alat sederhana dirumah Anda untuk melakukan pembersihan secara rutin. Karena pada dasarnya semua lantai adalah sama. Dimana pasti akan sering sekali terkena debu atau ketumpahan noda. OLeh sebab itu kita harus sering melakukan pembersihan supaya lantai epoxy tetap terjaga kualitas dan keawetannya.

2. Bersihkan Lantai Dari Tumpahan Cairan

Mungkin hal yang seperti ini sering terjadi di industry pangan maupun industry kimia. Karena pada dasarnya kedua industry iniĀ  yang sering bergelut dengan yang namanya cairan. Namun jangan kawatir, karena memang kandungan lantai epoxy dibuat agar kuat dalam menjaga lantai dari cairan – cairan berbahaya. Sehingga sangat mudah untuk dibersihkan.

Lalu bagaimana cara merawat lantai epoxy dengan membersihkan nya? Ya mudah saja. Kita tinggal melakukan pengepelan dengan alat pel sederhana yang ada dirumah kita. bersihkan hingga benar – benar bersih. Sehingga tampilan lantai epoxy kembali baik dan tentu terjaga ke awetannya.

3. Pastikan Noda Membandel dan Noda Karat Segera Ditangani

Sering sekali kita menemui noda yang sangat sulit untuk di hilangkan dengan cepat seperti noda dari oli ataupun noda dari karat.Sekali lagi kami terangkan bahwa lapisan epoxy tetap akan menjaga lantai beton Anda dari noda- noda tersebut sehingga tetap terjaga keawetannya. Cara melakukan pembersihannya juga sama hanya dengan menggunakan kain serat basah dan kain kering biasa.

Mengepel Lantai

Pdertama, Anda lap dengan kain lap basah. Kemudian keringkan dengan kain berserat. Ulangi langkah – langkah seperti ini hingga permukaan lantai epoxy bersih dan kering seperti sedia kala. Terakhir Anda dapat melakukan pel lantai epoxy Anda supaya kembali bersinar seperti sedia kala.

4. Jangan Tunda Membersihkan Dari Goresan Ban

Seandainya Anda adalah pemilik gudang ataupun bengkel yang lantainya di aplikasikan dengan cat epoxy lantai. Tentu hal ini adalah pemandangan yang sering Anda lihat. Lantai epoxy terkena noda ban. Biasanya saat mobil mengerem akan meninggalkan noda pada lantai. Dan ini sangat mengganggu pemandangan. Tentu saja lantai epoxy memang tidak rusak, tapi alangkah lebih baiknya Anda melakukan pembersihan lantai epoxy dengan sesegera mungkin. Agar karet bekas lindasan ban tersebut tidak menempel dengan erat pada permukaan lantai.

Cara membersihkannya juga mudah seperti cara yang lain. Cukup di lap dengan handuk basah dan lap kering serta sediakan kain berserat. Terakhir Anda bisa lakukan pengaplikasian dengan mengepelnya.Simple dan gampang kan? Anda dapat melakukannya dirumah Anda sendiri tanpa bantuan dari petugas aplikator epoxy lantai proffesional.

5. Hindari Penggunaan Cuka dan Jeruk sebagai Pembersih Lantai Epoxy

Sangat tidak dianjurkan dalam cara merawat lantai epoxy menggunakan cuka dan jeruk. Kandungan asam dari bahan cuka dan jeruk bisa menyebabkan lantai epoxy mengalami degloss. APa itu deglos? Degloss ibarat kata lantai menjadi kusam atau kehilangan efek dari glossy nya. Jadi gunakan carian pembersih lantai biasa ataupun cukup degan air biasa saja.

Saat anda menggunakan cairan seperti cuka ataupun jeruk tentu akan membuat cairan menjadi lebih asam, sehingga bukannya membersihkan malah membuat lantai epoxy lantai Anda menjadi kusam dan kehilangan efek glossy.

Hal ini tentu tidak diperkenankan bagi semua pemilik lantai epoxy. Karena kami telah menerangkan langkah – langkah dan tips yang benar untuk membersihkan lantai epoxy jadi Anda tidak perlu kawatir akan cara merawat lantai epoxy yag dipikiran sulit. Anda dapat melakukannya sendiri dan mengerti bagaimana cara merawatnya dengan benar.

Bagi Anda yang membutuhkan jasa epoxy lantai proffesional, berpengalaman dan dapat memberikan garansi hingga 1 tahun maka jangan asal salah pilih ya. Pilih yang benar – benar terpercaya seperti PT. Rinjani Warna Karya.

Sumber : www.rinjaniepoxy.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *